Portal Infokom

Media infokom Terpercaya

Poldasu Didesak Ungkap Dalang Penculikan Keponakan Eks Bupati Tapteng

Jakarta, PortalInfokom.id – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) didesak mengungkap tuntas kasus penculikan Ametro Adiputra Pandiangan. Ametro adalah keponakan eks Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bonaran Situmeang.

“Jangan diendapkan atau dibelokkan. Poldasu harus ungkap siapa dalang dan motif penculikan, ” kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan kepada wartawan, Senin (27/1).

Eks Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini menegaskan, pembiaran kasus ini akan menimbulkan spekulasi di kalangan masyarakat. Apalagi diketahui, pelaku penculikan adalah anggota Polisi aktif, ajudan Bupati Tapteng sekarang Bachtiar Sibarani.

“Masyarakat menunggu kejelasan kasus ini,” tambah Edi.

Edi tidak menampik bisa jadi muncul anggapan di tengah masyarakat, penculikan ini merupakan bentuk intimidasi awal kepada Bonaran, sebab dia selalu bersuara lantang agar kasus suap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar dibongkar habis. Bonaran adalah satu dari sekian terpidana dalam kasus tersebut. Dalam Persidangan Bonaran, nama Bachtiar memang kerap disebut.

Edi juga memahami kekhawatiran, kemungkinan akan ada lagi intimidasi lanjutan, yang menimpa keluarga Bonaran.

Pekan lalu, pengacara Ametro, Charles Hutagalung mengungkap, pihaknya telah menyurati Presiden Joko Widodo, memohon perlindungan karena takut akan keselamatan keluarganya. Charles menjelaskan, Ametro tidak kenal dengan penculiknya. Sebab itu, Charles berharap polisi segera menuntaskan kasus ini, dengan mengungkap aktor intelektualnya. Menurut Charles, pelaku hanyalah eksekutor. (fys)