Portal Infokom

Media infokom Terpercaya

MARAK : KPK JANGAN TAKUT UNTUK TANGKAP ALI MAZI

Jakarta, PortalInfokom.id – Komisi Pemberantasan Korupsi kembali di datangi Masyarakat Anti Korupsi (MARAK) yang meminta agar KPK segera menangkap Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Tenggara, yang terindikasi lakukan korupsi, penyalahgunaan wewenang dan jual beli jabatan.

Demikian yang disampaikan Afrudin, Koordinator MARAK kepada redaksi, di depan gedung Merah Putih KPK, Jakarta (10/07/2019).

“Apalagi sudah banyak pemberitaan berbagai media tentang dugaan kasus korupsi Ali Mazi sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara, bahkan malah pernah berstatus Terdakwa, walau bebas oleh keputusan  MA dalam kasus dugaan korupsi Hak Guna Bangun (HGB) Hotel Hilton yang lalu”, katanya.

Aksi yang di ikuti oleh ratusan masyarakat dan mahasiswa, berdemo di depan gedung KPK, sambil membawa spanduk, poster dan keranda mati serta dengan orang berkostum pocong, dengan maksud sebagai simbol matinya keadilan.

“Ini kami lakukan agar KPK jangan takut untuk melakukan penegakkan hukum, jangan takut dengan orang kuat di balik Ali Mazi”, katanya

Selain dugaan kasus korupsi juga ada dugaan  penyalahgunaan kewenangan sebagai Gubernur, di mana Ali Mazi Gubernur dalam menunjuk dan mengangkat pejabat skpd di pemerintahannya, yang tidak melibatkan Wakilnya dalam setiap keputusannya, sehingga membuat hubungan Gubernur Ali Mazi dan Wakilnya retak.

“Padahal katanya sesuai komitmen, Wakil Gubernur akan dilibatkan dalam penyusunan jabatan di SKPDnya” katanya lagi. 

Tapi nyatanya setiap Ali Mazi melakukan mutasi dan rotasi pejabat administrator di lingkungan Pemprov Sultra tidak pernah melibatkan Wakilnya, hal ini tidak sesuai dengan komitmen. Menurut Lukman Abunawas hal ini jelas sarat dengan kepentingan. 

“Orang-orang yang ingin menduduki jabatan tertentu pasti menghubungi yang dengan kewenangannya dan kekuasaannya akan mudah saja jabatan seseorang, tapi tentu saja harus ada imbalannya, yang menurut sumber modus yang dilakukanya melibatkan orang dekatnya”, katanya. 

Maka LSM MARAK (Masyarakat Anti Korupsi) meminta dengan sangat kepada KPK agar segera bentuk tim ivestigasi untuk memeriksa Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Tenggara atas dugaan korupsi dan gratifikasi dalam proses perizinan tambang dan jual beli jabatan di Provinsi Sultra. KPK segera usut siapa orang kuat di belakang Ali Mazi, yang membuat seolah-olah Ali Mazi seperti orang sakti tidak mempan oleh KPK. MARAK juga minta kepada KPK segera menyita semua asset clan kekayaan Ali Mazi yang diduga kuat berasal dari hasil perampokan keuangan negara. (HSW).